Terawan menceritakan apa yang akan terjadi jika Anda makan kesemek setiap hari.

Di musim gugur, kesemek adalah makanan favorit dan tradisional bagi banyak orang. Berry ini, yaitu beri, dan bukan buah, seperti yang diyakini banyak orang secara keliru, muncul di rak-rak toko hanya pada musim tertentu – dari September hingga Desember. Mengapa kesemek bermanfaat dan mengapa itu dirajut, ahli gizi Natalya Kruglova membantu untuk mengetahuinya.

Kesemek adalah buah beri berwarna oranye yang sehat dengan rasa manis. Dari bahasa Latin, namanya diterjemahkan sebagai «apel hati». Kesemek berasal dari Cina, tetapi hari ini ditanam di banyak negara, termasuk Rusia. Kesemek tumbuh di pohon yang dapat hidup hingga 500 tahun.

Gelatik Ini adalah varietas paling terkenal di Rusia, yang memiliki warna oranye dan daging berwarna cokelat.

kesemek jeruk keprok. Secara lahiriah mirip dengan jeruk keprok, dagingnya sangat manis. Tidak ada biji dalam kesemek jenis ini.

Hati banteng. Ini adalah buah berwarna oranye yang sangat besar dan kokoh dengan daging yang cerah, lembut, dan berlubang.

Sharon. Spesies ini muncul sebagai hasil persilangan dua buah populer – apel dan kesemek. Rasanya seperti aprikot, apel, dan quince secara bersamaan. Dan varietas ini lebih mahal daripada yang lain.

Juga, buah-buahan dibagi menjadi non-astringen (ini adalah «kinglet»), buah-buahan dengan variabel astringency (kesemek cokelat dari varietas «Zenji-maru») dan varietas astringen (varietas yang paling astringen adalah «hachia» Jepang). .

Manfaat dan bahaya kesemek
Kesemek mengandung sejumlah besar beta-karoten, itu adalah provitamin A. Hal ini diperlukan untuk tubuh manusia sebagai antioksidan, yang memperbaiki kondisi kulit, rambut dan kuku. Juga, beta-karoten penting untuk organ penglihatan. Plus, kesemek, seperti kebanyakan beri dan buah-buahan, mengandung vitamin C, dan juga merupakan komponen penting dari nutrisi manusia. Kesemek juga mengandung vitamin B5. Vitamin B umumnya penting untuk metabolisme dasar karbohidrat, asam amino dan lemak dalam tubuh.

Kesemek juga mengandung elemen jejak yang kurang bagi banyak orang – yodium. Untuk tujuan ini, kesemek juga dapat ditambahkan ke diet Anda. Jika kita berbicara tentang elemen jejak lainnya, maka kesemek mengandung kalium dan magnesium. Juga, kesemek mengandung serat makanan, yang harus ada dalam makanan setiap orang. Mereka sangat penting untuk pencernaan yang tepat.

Kulit kesemek benar-benar dapat dimakan dan mengandung serat makanan. Satu-satunya adalah, jika seseorang merasa rasanya tidak enak baginya, maka itu bisa dihilangkan.

Kesemek meningkatkan fungsi sistem kardiovaskular, saluran pencernaan dan kelenjar tiroid. Juga, berry ini meningkatkan efisiensi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menenangkan saraf dan membantu anemia. Namun, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan obstruksi usus. Ini juga memiliki efek diuretik.

Pendapat bahwa kesemek mengandung banyak gula tidak sepenuhnya benar. Kesemek adalah 80 persen air, seperti banyak buah beri, sayuran, buah-buahan, dan juga mengandung serat makanan, yang agak memperlambat penyerapan karbohidrat dalam tubuh dan tidak memberikan lonjakan tajam gula darah. Tidak ada satu pun asosiasi diet atau asosiasi ahli endokrin yang mengatakan bahwa penderita diabetes harus sepenuhnya dilarang menggunakan kesemek.

Satu buah sehari dengan berat 150-200 gram adalah norma yang bisa digunakan. Namun, ada situasi ketika seseorang secara individual tidak mentolerir kesemek atau dia memiliki penyakit pada saluran pencernaan. Penting untuk diingat bahwa jika seseorang dengan diabetes memperhatikan bahwa setelah mengonsumsi kesemek dalam jumlah minimal, gulanya meningkat tajam, maka, tentu saja, ada baiknya membatasi penggunaannya, tetapi ini tidak berlaku untuk semua orang.

Dan jika, sekali lagi, ada situasi dengan peningkatan gula darah setelah makan buah beri ini, maka yang terbaik adalah menggabungkan kesemek dengan makanan berprotein. Jangan memakannya dengan perut kosong dalam bentuk murni, tetapi gunakan, misalnya, sebagai bagian dari sarapan. Jika ada protein dalam makanan pertama, misalnya, keju cottage, yogurt tanpa aditif buah, maka Anda perlu menggabungkannya dengan penggunaan kesemek.

Mengapa kesemek merajut?
Saat digunakan, kesemek rajutan, yang tidak selalu menyenangkan, dan Anda tidak bisa makan banyak. Ini karena kesemek mengandung zat yang berhubungan dengan tanin . Mereka juga memberikan sensasi yang tidak menyenangkan ini. Harus diingat bahwa lebih banyak tanin ditemukan dalam kesemek yang mentah. Jika Anda membeli buah yang sangat padat, maka buah tersebut belum cukup matang. Maka disarankan untuk meninggalkannya pada suhu kamar selama tiga hingga empat hari. Sehingga akan mencapai kematangan yang nyaman untuk dikonsumsi tanpa kekentalan.

Anda juga bisa memasukkan kesemek ke dalam kantong kertas bersama dengan pisang atau apel. Buah-buahan ini melepaskan zat etilen, yang mempercepat pematangan kesemek. Dalam kesemek yang sepenuhnya matang, tanin akan jauh lebih sedikit, yang berarti akan ada lebih sedikit perasaan bahwa buah beri sedang merajut.